Selasa, 20 Januari 2015

NCBI dan EBI

TUGAS BIOINFORMATIKA
NCBI (National Center Biotechnology Information)
EMBL-EBI (European Molecular Biology Laboratory- European Bioinformatics Institute)




Ayu Andriyani
M0412012



JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2014


NCBI (National Center for Biotechnology Information)
NCBI merupakan server yang memuat data base dan informasi tentang biomedis dan bioteknologi. Data base mencangkup DNA, protein, senyawa aktif dan taksonomi yang selalu mengikuti penelitian terkini. Disamping data base, NCBI juga menyediakan berbagai macam software untuk analisis DNA, protein 3D, pencarian primer, pencarian conserve domain dan lain sebagainya.
NCBI memiliki database dan software (analysis tools) yang sering digunakan di bidang biologi untuk analisis antara lain sebagai berikut:
A.  DNA-RNA TOOLS
1.    GenBank
Bank Gen merupakan bagian dari database nukleotida internasional yang bekerja sama dengan DataBank of Japan (DDBJ), the European Molecular Biology Laboratory (EMBL), dan GenBank at NCBI.
2.    BioSystems
Database yang berisi tentang korelasi biologi dari gen, protein dan small molecule berdasarkan literature. Kita dapat menggunakan untuk menganalisis fungsi protein dan interaksi protein pada level sel.
3.    Database of Expressed Sequence Tags (dbEST)
GenBank yang berisi short single-pass reads of cDNA (transcript) sequences/EST.
4.    Database of Genome Survey Sequences (dbGSS)
GenBank yang berisi short single-pass reads of genomic DNA/GSS.
5.    BLAST (Basic Local Alignment Search Tool)
Software yang dapat digunakan untuk menentukan homologi suatu urutan DNA atau asam amino.
B. SEQUANCE ANALYSIS
1.    Primer-BLAST
Software yang dikembangkan dari algoritma PRIMER3 untuk mendesain primer berdasarkan sequence yang dimasukkan. Software ini dilengkapi dengan fasilitas automatis BLAST urutan PRIMER hasil prediksi dengan genbank untuk memperoleh primer yag spesifik.
2.    Open Reading Frame Finder (ORF Finder)
Software yang diperuntukkan untuk mengidentifikasi OFR (open reading frames) atau menterjemahkan urutan DNA menjadi asam amino.
C.  DOMAIN DAN STRUKTUR PROTEIN
Dengan tools ini kita bisa mengetahui beberapa sekuens protein yang memiliki motif asam amino yang membentuk struktur terkarakteristik. Struktur bisa disajikan dalam dua dimensi maupun tiga dimensi sehingga dapa disesuaikan dengan kebutuhan.
D.  PubChem Overview
PubChem menyediakan informasi mengenai property dan aktivitas biologis dari satu molekul. Program ini merupakan bagian dari NIH's Molecular Libraries Roadmap Initiative. Informasi yang dapat diakses melalui PubChem meliputi substansi suatu molekul, struktur penyusun, dan data Bioactivity, semua itu secara berturut-turut ada pada 3 database primer yaitu Pcsubstance, Pccompound, dan PCBioAssay.
1.    PubChem Substance Database berisi informasi umum mengenai struktur kimia, sinonim, nomor registrasi, deskripsi, website dan referensi terkait yang terhubung dengan PubMed, struktur 3D protein, dan hasil screening biologis.
2.    PubChem Compound Database berisi gambaran informasi tervalidasi yang disediakan untuk mendeskripsikan dengan lebih lengkap suatu substansi pada PubChem Substance, sehingga diketahui property dari suatu substansi atau molekul. Berbagai macam struktur senyawa yang tersimpan di dalam PubChem Compound Database telah terlebih dahulu dikelompokkan dan direferensi dengan mengidentifikasi berdasarkan kelompok yang memiliki kesamaan. Pada PubChem Compound juga disediakan informasi mengenai property dan deskripsi untuk mencari dan memilih suatu struktur kimia atau senyawa.
3.    PubChem BioAssay Database berisi informasi mengenai Bio Aktivitas suatu senyawa yang telah dideskripsikan pada PubChem Substance. PubChem BioAssay juga menyediakan informasi dari masing-masing hasil uji biologis.
Disamping berbagai macam software yang dimiliki, NCBI juga memiliki suatu buku yang mencakup hal-hal mengenai biomedis, yang bisa di download atau digunakan secara online. Buku ini mencakup topik tentang biologi molekuler, biokimia, biologi sel, genetika, mikrobiologi. Dengan adanya buku ini, masyarakat luas yang hendak mengakses berbagai macam hal berkenaan dengan biologi, khususnya biomedis dapat dengan mudah didapatkan.
            NCBI juga menyediakan tools PubMed dan PMC yang merupakan layanan penyedia jurnal baik berbayar maupun gratis yang selalu terupdate dengan penelitian-penelitian terbaru sehingga bisa dijadikan sebuah sumber literature untuk penelitian selanjutnya.

European Bioinformatics Institute
European Bioinformatics Institute merupakan bagian dari European Molecular Biology Laboratory yang menyediakan database tentang biologi. Berikut merupakan beberapa ilmu yang ada di EMBL-EBI :
·         ArrayExpress - arsip eksperimen ekspresi gen
·         BioModels database - database model komputasi yang relevan dengan biologi
·         European Nukleotide Archive (ENA) - sumber daya informasi urutan nukleotida
·         Ensembl project - database genom untuk vertebrata dan spesies eukariotik lainnya (bersama dengan Wellcome Trust Sanger Institute )
·         Eropa PubMed Central - Database menawarkan akses gratis ke koleksi literatur penelitian biomedis
·         Eksperimental Factor Ontologi (EFO) - ontologi variabel eksperimental untuk data biomedis
·         Gene ontologi - ontologi fungsi gen dan proses
·         Proteomics Identifications database (PRIDE) - repositori spektrometri massa (MS) proteomik

·         UniProt - database urutan protein dan informasi fungsional (bersama dengan Swiss Institute of Bioinformatics dan Informasi Protein Sumber Daya)

0 komentar:

Posting Komentar